Morse

Samuel Finley Breese Morse (1791-1872) adalah seorang seniman yang mungkin menjadi orang yang pertama menciutkan dunia. Kenapa bisa dikatakan begitu? Karena ia yang telah menciptakan suatu alat penghubung jarak jauh. Alat yang dibuat bukan pesawat terbang, radio atau telephone, karena semuanya belum ditemukan pada masa itu.

 

Alat yang diciptakannya adalah telegraph walau masih dalam bentuk yang sangat sederhana (belum seperti sekarang ini). Penemuan alat ini diilhami oleh perkataan seorang ilmuwan muda yaitu Dr. Charles Jackson yang telah menekuni bidang kelistrikan, di dalam suatu perjalanan laut bersama di atas kapal Sully dari Perancis menuju New York, Amerika pada tanggal 2 Oktober 1832. Morse mendengar penjelasan bahwa listrik dalam kawat sepanjang apapun akan mengalir dalam sekejap.

 

Keterangan dari Dr. Jackson tersebut sangat berkesan bagi Morse, sejak itulah Morse melakukan berbagai penelitian/ percobaan yang banyak menghabiskan kekayaannya. Setelah kehabisan uang, Morse terpaksa kembali membuat lukisan-lukisan untuk mengumpulkan dana. Setelah lima tahun penyelidikan, ia baru berhasil membuat pesawat yang sederhana, sekitar tahun 1837. Untuk membuktikan alat itu, Morse merencanakan akan memasang kawat telegraph sepanjang 40 mil yaitu dari Washington ke Baltimore, namun Morse tidak memiliki dana, pemerintah Amerika Serikat menolak permohonan bantuannya. Beberapa tahun kemudian, permohonannya dikabulkan pemerintah, tanggal 24 Mei 1844 Morse mengundang para pembesar untuk mencoba penemuannya.

 

Hari itu dikirimlah berita pertama dari gedung Capitol di Washington menggunakan huruf Sandi yang kita kenal sekarang sebagai huruf Morse. Beritanya berbunyi:

WHAT HAD GOD WROUGHT?

(Apa-apa saja yang telah Tuhan berikan?)

Sebagai tanda Samuel Morse begitu mensyukuri pemberian Tuhan kepada kita semua berupa akal yang harus dikembangkan. Morse sebagai hamba Tuhan saja telah bisa membuat alat yang mengagumkan apalagi Tuhan Maha Pencipta.

Walaupun ditemukan pada tahun 1837, tetapi baru tahun 1851 dalam sebuah konferensi Internasional, huruf Morse diterima dan dipergunakan di seluruh dunia. Banyak sekali kegunaan huruf Morse, pada waktu sebelum ditemukan telegraph, surat-surat banyak yang lambat sampai atau hilang ditengah perjalanan panjang.

 

Sewaktu terjadi perang saudara (civil war) di Amerika, ada kisah seorang Kapten, bernama Clowry, seorang tentara dan juga seorang Pandu, hendak memberitahukan kepada anak buahnya, bahwa musuh pada waktu malam bakal menyerang dengan tiba-tiba. Tetapi kapten Clowry tidak bisa kembali ke kawan-kawannya, sebab terhalang sungai yang sedang meluap airnya (air bah), apakah yang kemudian dilakukan sang Kapten?

Dilihatnya di sisi sungai ada kereta api tua, dia lalu memeriksa apakah ketel uapnya masih bisa dipergunakan, ternyata bisa! Kapten Clowry lalu mengisikan air ke dalam ketel dan menyalakan api tungkunya, untuk mendapatkan uap. Dan dia mulai  menghembuskan uapnya ke peluit kereta lewat hembusan panjang dan pendek sesuai dengan huruf morse. Segeralah kawan-kawannya diseberang sungai mendengarnya dan mereka bisa bersiap-siap menghadapi kedatangann musuh. Dengan cara itu kapten Clowry bisa menyelamatkan pasukannya dari bahaya kematian.

Suku-suku bangsa di Afrika, Asia, dan Amerika saling memberi kode/sandi/Isyarat(penjelasan mengenai Sandi bisa dilihat pada Bab Sandi) atau tanda-tanda dengan genderang, asap, dan sebagainya.Kode morse internasional terdiri dari kombinasi titik (dots) dan strip (dashes) yang melambangkan huruf dari abjad dan juga angka.

 

Saat ini kode morse internasional sudah mulai jarang digunakan, dikarenakan  telegraph radio telah digantikan dengan berbagai sistem yang jauh lebih modern, antara lain telegraph tercetak (facsmile) dan GPS (Global Positioning System).

Morse dapat dilakukan dengan:

  • Suara/bunyi

Contoh      : Peluit, Terompet, Megaphone, klakson motor, dan sebagainya

  • Sinar/Nyala

Contoh      : Senter, lampu, api, lilin, handphone

  • Gerak

Contoh      : Bendera, asap, lambaian tangan, kedipan mata, sentuhan tangan, dan

sebagainya

  • Tulisan

Contoh      : Sandi, kode, dan lain-lain.

  • Denyut Listrik

Contoh      : Pada kabel telegraph

 

 

GERAKAN PRAMUKA GUDEP LOTIM 011-012 MAN SELONG

AMBALAN ALI BIN ABI THALIB DAN SITI FAATIMAH AZ-ZAHRA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: