Tentang Kompas

Kompas adalah alat untuk menetapkan/ mencari arah mata angin, digunakan oleh para pelaut, penerbang, pekemah, pemburu, dan petualang lainnya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ada dua tipe dasar dari kompas, yaitu pertama, kompas magnetik yang sudah dipergunakan sejak tujuh abad yang lalu; pada kompas magnetik arah ditunjukkan oleh magnet berbentuk jarum yang mengarah pada arah Kutub Utara di bawah pengaruh medan magnet bumi. Yang terbesar adalah kompas magnetik yang digunakan oleh para pelaut. Kedua, gyrocompass, alat yang ditemukan pada awal abad ini. Tidak dipengaruhi oleh magnet bumi.

Selain itu juga kompas adalah bahasa umum yang paling dikenal dan paling populer, baik nasional maupun internasional. Nama kompas digunakan untuk sebuah alat yang dapat menunjukkan arah, sudah banyak dikenal. Di Indonesia istilah yang mungkin sama walaupun tidak sepopuler kata kompas adalah “pedoman”. Namun diakui bahwa kata kompas lebih sering untuk menyebut alat tersebut dari pada kata pedoman.

Seperti diketahui pada kompas mempunyai jarum yang akan menunjukkan arah mata angin. Kompas berbentuk bulat yang mempunyai pembagian mata angin sebanyak 32 buah dengan garis pembagian drajat dari 00 sampai 3590.

Pada kompas yang menggunakan cairan, cairan yang biasa digunakan adalah campuran dari alkohol dan air. Dengan menggunakan cairan maka jarum kompas akan mudah digunakan, keuntungan inilah yang menyebabkan kompas berisi cairan lebih banyak dipergunakan dibandingkan kompas yang kering (dry compass).

 

GERAKAN PRAMUKA MAN SELONG GUDEP LOTIM 011-012

MADRASAH ALIYAH NEGERI SELONG

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: