Menetukan Arah dengan cara lain (Selain Kompas)

 

1. Menetukan arah dengan bantuan Matahari.

Tancapkan tiang atau tongkat sekitar 1 meter di atas tanah dengan posisi tegak lurus. Tandai dimana bayangan tongkat itu jatuh di atas tanah dengan huruf A. Kemudian tunggu sekitar 15 menit dan tandai tempat bayangan tongkat yang  baru dengan huruf B. Hubungkan kedua titik bayangan tadi dan kamu akan mendapatkan arah barat laut (East dan West). Bayangan yang pertama (A) adalah arah Barat. Dengan cara lain, agar lebih akurat, jika memiliki banyak waktu, dengan cara memberi tanda bayangan yang pertama di pagi hari, kemudian di sore hari kamu buat tanda yang baru, hubungkan kedua titik. Maka di tengahnya adalah arah Barat Laut, dan tanda dipagi hari adalah arah Barat.

 

 

2. Menetukan arah dengan bantuan Jam Tangan.

Jam tangan tradisional (bukan digital) dengan dua jarum (jam dan menit maksudnya) dapat dipergunakan untuk menentukan arah. Jika tinggal di daerah dekat katulistiwa (equator), maka metode ini akan kurang akurat. Letak Matahari akan langsung di atas kepala sehingga menyulitkan.

Cara pertama:

Letakkan jam tangan mendatar, arahkan jarum jam ke arah kedudukan matahari. Maka garis tengah yang membagi jarum jam dan angka 12 adalah arah Utara-Selatan.

Cara kedua:

Letakkan jam tangan mendatar, arahkan angka 12 jam tangan ke arah kedudukan matahari. Maka garis tengah yang membagi angka 12 dan jarum jam adalah Utara –  Selatan.

 

 

 

 

3. Menetukan arah dengan bantuan Jarum Magnet.

Sebatang kawat dari besi, atau sebuha jarum. Jika digosokkan dalam satu arah pada lembar kain sutera akan menjadi magnet sementara dan dapat digunakan untuk menentukan arah Utara. Kemudian digantung pada tali atau benda lain yang tidak membuatjarum berubah-ubah posisi. Atau simpan di atas kertas dan apungkan di atas permukaan air.

 

 

 

 

 

 

 

4. Menetukan arah dengan bantuan Tumbuhan.

Bahkan tanpa bantuan kompas dan sinar matahari, kita dapat menentukan arah dengan bantuan melihat tumbuh-tumbuhan di sekitar kita.

Tumbuhan biasanya tumbuh ke arah matahari, sehingga bunga-bunga dan sebagian besar tumbuhan condong ke arah matahari (Timur). Bagian yang lembab (kurang mendapat sinar) adalah Barat.

5. Menetukan arah menggunakan Rasi Bintang.

Menjadi Pramuka yang mahir membaca peta adalah hanya permulaan untuk menjadi pencari jejak yang baik. Kita harus belajar dan berlatih membaca tanda-tanda alam, baik yang ada di darat maupun yang ada di angkasa.

Jika kita tidak mempunyai kompas, matahari dan bintang-bintang (rasi bintang) dapat membantu kita menentukan arah (orienteering).

Kedudukan bintang-bintang adalah hampir tetap sama dari malam ke malam lainnya, walaupun mengalami perubahan munculnya sekitar 5 menit lebih awal setiap malam-berbeda sekitar dua jam setiap bulannya. Bintang-bintang telah dipelajari ribuan tahun lamanya dan rasi bintang yang muncul dan dapat diamati oleh mata telanjang (tanpa teleskop) diberi nama-nama kuno, seperti hewan, dewa-dewa (sesuai mitos) atau sesuai bentuknya (kemiripan dengan suatu benda).

Rasi bintang dibagi ke dalam dua kelompok:

The Northern Sky (menunjukkan arah utara)

Bog Dipper; termasuk Big Bear (Beruang Besar), Casiopea; Orion; (di dekat equator lebih mudah terlihat).

The Southern Sky (menunjukkan arah Selatan) misalnya gugusan the Southern Cross(Crux) atau palang Selatan.

Rasi bintang Waluku (bajak) atau disebut big Dipper, sebuah gugusan bintang yang terdiri dari 7 buah bintang.

Cassiopeia

Bentuk rasi bintang ini mirip dengan huruf W dan juga berlawanan dengan kedudukan bintang kutub, tapi searah dengan big dipper (waluku). Pada malam yang gelap namun langit bersih tidak berawan, rasi bintang Cassiopeia mudah diamati).

 

 

 

 

 

 

 

 

Orion

Rasi bintang ini muncul tinggi diangkasa di atas equator (khatulistiwa), sehingga bisa dilihat dengan mudah baik dibelahan bumi sebelah utara. Untuk mencari rasi bintang ini, cara termudah adalah temukan dahulu 3 bintang yang berada berdekatan disekitar sabuk rasi bintang tersebut.

Bintang lainnya dapat dijadikan petunjuk menetukan arah. Pasang dua tanda di tanah (satu) lebih tinggi dari lainnya, perhatikan secara seksama beberapa lama, maka bintang itu bergerak (lihat gambar) dari pergerakan bintang itu kita dapat memperkirakan ke arah mana kita menghadap.

 

 

 

 

 

 

 

Jika bintang tersebut naik                   = menghadap ke timur

Jika bintang tersebut turun                  = menghadap ke barat

Jika bintang tersebut ke kanan            = menghadap ke Selatan

Jika bintang tersebut ke kiri                = menghadap ke Utara.

Cara tersebut hanya berlaku jika kita berada dibagian bumi sebelah utara, balikkan jika kita berada di Selatan.

 

 

Tidak ada bintang yang ada di sekitar kutub selatan yang mudah untuk dikenali, selain rasi bintang palang Selatan (Crux/the southern Cross), rasi yang terdiri dari lima bintang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: